Tips Sukses Belajar Matematika

|| || || Leave a comments


Sobat Hekmahnet, musim ujian datang, saatnya mempersiapkan segalanya sebaik mungkin. Pada posting kali ini akan Hekmahnet akan sedikit memberikan Tips agar sobat sukses dalam  belajar Matematika. Semoga tutorial ini bisa mengubah cara berpikir Sobat yang antipati terhadap Matematika, atau setidaknya mengurangi rasa takut yang berlebihan (phobia) terhadap Matematika.
Sukses Belajar Matematika
Yes, You Can Learn Math !!! Get a “can do” attitude. Kalimat inilah  yang seharusnya dalam pikiran Sobat. Hal tersebut pasti membuat Sobat lebih percaya diri dalam mengerjakan soal Matematika.


Jika Sobat terampil berolahraga, bermain musik, menari dan lain-lain, Sobat pastinya juga dapat mengerjakan soal Matematika. Berikut tipsnya.
1. Berlatih Matematika Sedikit Demi Sedikit Setiap Hari
Hal ini akan membangkitkan rasa percaya diri Sobat dan menghilangkan rasa panik/grogi pada waktu ujian Matematika.

 2. Memahami Pentingnya Manfaat Belajar Matematika
Jika Sobat pelajar SMP atau SMA, berpikirlah realistis bahwa di perkuliahan membutuhkan kemampuan Matematika (aljabar) untuk mendapatkan gelar Sarjana. Beberapa jurusan, misalnya Kimia, Kedokteran, Manajemen, Akuntansi, Teknik Elektro, Statistik dan lain-lain membutuhkan ketrampilan dalam bidang Matematika.Hekmahnet Kemukus

Setelah Sobat memperoleh gelar Sarjana, tentu saja Sobat ingin bekerja sebagai tenaga profesional. Sebagian besar pekerjaan profesional  setidaknya membutuhkan kemampuan Matematika. Tentu saja tidak hanya hitung menghitung, melainkan juga kemampuan berpikir analitis, kemampuan problem solving yang baik, berlogika dan lain-lain. Jadi, pikirkanlah dari sekarang bahwa hampir semua bidang dalam kehidupan sehari-hari membutuhkan Matematika.

3. Rajin Hadir dan Aktif Pada Waktu Pelajaran Matematika
Topik-topik dalam Matematika merupakan topik yang saling terkait dan tidak dapat dipisah-pisahkan sekalipun itu merupakan konsep baru. Ini berarti bahwa pelajaran hari ini merupakan prasyarat untuk besok. Masalah-masalah dalam konsep baru membutuhkan ketrampilan sebelumnya. Misalnya, dapatkah Sobat memecahkan soal yang berkaitan dengan pecahan, jika Sobat tidak mengetahui konsep perkalian. Kehadiran Sobat setiap hari, akan membantu Sobat untuk memahami sedikit  demi sedikit, sehingga pada ujian akhir tidak terlalu banyak yang dipelajari.
4.Kerjakan Selalu Tugas
Ini kelihatannya sederhana, tetapi waktu Sobat sangatlah terbatas. Di sekolah
Sobat tidak hanya memiliki tugas matematika, tetapi tugas yang lain pastilah cukup banyak dan mengantri untuk dikerjakan dan seterusnya. Berpikirlah begini: “Tidak ada pekerjaan rumah, tidak ada latihan”. Pekerjaan rumah (PR) membantu Sobat berlatih terapan dari konsep-konsep Matematika.  Seperti halnya ketika kita berlatiha menyetir mobil. Semakin banyak kita sering berlatih, maka kemampuan kita untuk mengendarai akan semakin baik dan lebih percaya diri ketika di jalan. Jika Sobat hanya berlatih secara teori saja dengan membaca buku manual, Sobat tidak akan pernah berlatih dengan kepercayaan diri dan ketrampilan. Saya menyarankan pada Sobat untuk berlatih materi pengayaan agar bisa lebih maksimal.
 5.Mencoba Untuk Memahami Soal Matematika
Ketika mengerjakan pekerjaan rumah, tanyakan pada diri Sobat, apa yang ingin kamu cari dan bagaimana kamu mendapatkan hasilnya. Jangan hanya mengikuti contoh. Kerjakan setiap permasalahan, tahap demi tahap sampai kamu mengerti, mengapa kamu mengerjakan dengan cara demikian dan sampai pada solusinya. Jika Sobat mengikuti apa dan mengapa, kamu akan mengetahui apa yang harus kamu kerjakan ketika Sobat mengerjakan soal yang mirip.

6. Gunakan Kartu Indeks Untuk Persiapan Ujian
Ketika Sobat mengerjakan soal ujian, pastikan bahwa Sobat mengerti dengan
permasalahan-permasalahan untuk setiap konsepnya sebagaimana Sobat pernah mengerjakannya. Buatlah kartu-kartu indeks yang berisi soal-soal latihan. Acak kartu-kartu tersebut, kemudian aturlah waktu Sobat.Kerjakan soal-soal tersebut tanpa membuka buku satu persatu. Hal ini akan memberikan pengalaman seperti halnya simulasi ujian.

7. Bertanya di Kelas
Jangan segan untuk bertanya. Guru Sobat tidak akan menertawai dengan pertanyaan yang Sobat ajukan. Justru guru akan merasa senang dengan pertanyaan Sobat, karena Sobat telah berusaha untuk memahami penjelasannya.
8. Bertanya di Luar Kelas
Jika Sobat merasa segan bertanya di dalam kelas, cobalah untuk bertanya di kantor guru atau di tempat lain. Jangan pernah merasa terlambat untuk bertanya.

9. Periksa Tugas Rumah Sobat
Pastikan bahwa ketika Sobat berhasil mengerjakan perkerjaan rumah Sobat, cobalah untuk membukanya kembali dan jangan sampai Sobat lupakan, Konsep Matematika merupakan konsep yang berkesinambungan, sehingga janganlah mencoba untuk melupakan materi sebelumnya.

10. Perhatikan Guru di Kelas
Matematika seperti bola salju. Jika Sobat tidak memperhatikan peringatan dari guru Sobat ketika presentasi, Sobat akan ketinggalan konsep penting dalam latihan. Ingat, informasi hari ini merupakan pondasi/dasar untuk esok.
11. Jangan Banyak Bicara di Kelas
Jika Sobat punya pertanyaan, silahkan langsung tanyakan pada guru Sobat dan  jangan Sobat malah ngobrol sendiri atau berbicara dengan teman Sobat. Informasi dari teman kelas Sobat mungkin saja bisa salah. Cobalah untuk tidak berbicara hal-hal di luar pelajaran agar Sobat bisa lebih fokus.

12. Baca dan Pelajarilah Buku Teks Matematika Sobat
Yap, ada banyak alasan mengapa Sobat mengeluarkan uang untuk membeli buku Matematika. Jika Sobat perhatikan baik-baik, Sobat akan melihat bahwa buku Sobat berisi halaman-halaman dengan contoh soal yang baik, penjelasan dan definisi istilah-istilah. Pelajari baik-baik buku Sobat dan janganlah sia-siakan buku yang sudah Sobat beli.
Semoga tips di atas dapat bermanfaat buat Sobat hekmahnet. Sekian.